Tips Membeli Tanah Agar Tidak Salah (Tertipu) – Beli tanah murah tak semudah yang kita bayangkan, ada beberapa hal yang harus  kalian perhatikan dalam melakukan pembelian tanah terutama bagi kalian yang baru pertama kali dalam melakukan pembelian tanah agar tidak tertipu. Investasi property di bidang tanah sangat menguntungkan karena di beberapa survey mengatakan bahwa investasi pasti menguntungkan setiap tahunnya meskipun sulit dalam pemasarannya karena harus sabar menanti investor yang tepat dengan harga yang pas.

Maraknya situs / website jual beli tanah online yang memudahkan kalian untuk melakukan investasi property  secara online namun kalian harus perhatikan beberapa hal dari legalitas tanah, status tanah, dan lain lain.

Sevendream Property akan memberikan beberapa tips dalam membeli tanah agar kalian tidak tertipu dan tidak terjadi sengketa kedepannya. Berikut beberapa hal yang harus kalian perhatikan :

Cek Status Tanah

Di saat kalian telah menemukan tanah yang menurut kalian sangat strategis dan bagus, jangan langsung melakukan jual beli dengan pemiliknya. Silahkan cek terlebih dahulu status dari tanah yang kalian minati. Pemerintah telah memudahkan dalam pengecekan status tanah tanpa perlu kalian mendatangi kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN). BPN telah meluncurkan aplikasi layanan online. Usahakan sebelum mebeli tanah kalian cek status tanahnya terlebih dahulu dan jangan terpedaya oleh foto – foto yang dikirim oleh makelar ataupun pemlik asli dan website jual beli tanah online, hal ini sangat penting untuk terhindar dari penipuan.

Legalitas Tanah

Setelah kalian melakukan pengecekan atas status tanah dan benar benar sesuai dengan pengecekan maka hal selanjutnya yang harus kalian perhatikan adalah menghubungi pemilik tanah untuk menanyakan kelengkapan legalitas dari tanah tersebut. Setelah tebukti bahwasanya surat surat legalitas dari tanah yang kalian incar sudah benar ?. Antara nama sertifikat dan pemilik sama, apakah tanah yang kalian incar milik perorangan atau milik kelompok orang ( warisan keluarga ), dan sertifikat yang diberikan asli bukan palsu. Setelah benar kalian bisa melakukan negoisasi harga dengan si pemilik tanah.

Jasa Notasris PPAT

Untuk lebih aman maka kalian harus beran mengeluarkan biaya / dana tambahan untuk menyewa jasa notaris PPAT dalam membantu proses jual beli tanah yang kalian incar. Tujuannya kita menyewa jasa notaris PPAT untk mengecek sertifikat tanah tersebut apakah tidak ada masalah dengan sertifikat tersebut sebelum prose jual beli. PPAT juga dapat mengecek keaslian dari sertifikat tersebut di badan petanahan untuk menghindari permasalahan sengketa pemalsuan sertifikat. Jika aman makan proses jual beli dapat dilanjutkan.

Akta Jual Beli dan Balik Nama

Setelah proses diatas berjalan dengan lancar tanpa adanya hal yang janggal. Kalian masih memerlukan jasa notaris sebagai saksi kuat proses jual beli tanah dari PPAT. Setelah itu kalian membuat akta jual beli dan balik nama sertifikat daipada kalian melakukan sendiri tentu akan membuat kalian pusing. Manfaatkan jasa notarsi untuk memudahkan itu semua tetapi kalia tetap terus memantau proses dari pengerjaan notaris tersebut.

Gimana ? sudah tahu kan bagaimana cara membeli tanah agar tidak tertipu. Tidak rumit kan dan juga cukup mudah agar kalian terhindar dari tindak penipuan jual beli tanah. Bagi kalian yang ragu untuk membeli tanah atau investasi tanah takut tertipu lakukan tips diatas dijamin proses jual beli tanah anda aman tidak akan terjadi penipuan.